Posted by : thorieq ali Selasa, 13 Agustus 2013

       Beberapa hari lalu gue sempat terkejut lihat kumpulan foto dari kontes photo traveler National Geographic hasil karya photographer sedunia mulai dari kelas teri, tengiri sampe yang kelas kakap.Ternyata memang keren-keren.

       Oleh karena terinspirasi dari foto-foto itu gue jadi pengen buat album foto punya gue sendiri hehehe :D . Kebetulan liburan kemarin gue dan sekeluarga barusan aja piknik ke Karimunjawa dan berkesempatan ngambil beberapa foto pemandangannya. Dah pernah denger kan ? itu lho, pulau kecil nan indah di samping utara pulau jawa (ciee), tepatnya di atas kota Semarang atau kota Jepara. Kalo emang pernah denger ya baguslah.

       Awalnya gue kira cuma pulau terpencil kaya di film zombie-zombie gitu. Eh ternyata  masyaallah ! Sumpah keren ! Pemandangannya nggak kalah sama Bali, malah menurut gue lebih keren. Bedanya, Karimunjawa itu belum terkelola secara profesional kayak kalo di Bali. Jadi yang mengurusi masih warga kampung setempat. Desa malahan. Lho gimana tuh ? hahaha, dengerin dulu kisah gue. :)

 KISAH KU DI KARIMUNJAWA (EXPERIENCE)

      Kapal tujuan karimunjawa biasanya memang berangkat dari dua kota terdekat yaitu Semarang ato Jepara. Jadi kali ini gue berangkat dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang sekitar jam 9 pagi.  Sebelumnya, di ruang tunggu pemberangkatan, gue sempet ngeliat sebuah program tv berjudul "Celebrity on vacation". Program tv ini menayangkan pengalaman seorang artis yang sedang berlibur ke tempat wisata tertentu. Eh, ga taunya kebetulaan saat itu acaranya bertema : liburan ke karimunjawa. Waduh, kok cocok banget ama gue ? :O . Hahaha, gue pun merasa takdir mengikuti gue berlibur ke karimunjawa.


     Kapal pun mulai berangkat meninggalkan pelabuhan. Perjalanan Tanjung Emas -Karimunjawa menghabiskan sekitar 3 jam ( tanpa macet ). Ternyata perjalanan dengan kapal itu ga sesenang yang gue lihat di tv tadi ( kayak artis tadi). Huh.. udah hampir mabuk laut, bosen, pemandangannya cuma air doank. Pokoknya sumpek dah dikapal tuh. Ya.. selain faktor ga terbiasa, di kapal tuh hiburannya dikit. Ya sebatas film lama gitu. Jadi saran gue kalo mau naik kapal jangan lupa bawa alat hiburan sendiri, semacam tab, psp ato yang semisalnya. Biar ga bosen di kapal.

      Sesampainya di dermaga karimunjawa gue udah bisa lihat rumput-rumput laut di sekitar dermaga. Air laut di pulau karimunjawa masih kelewat bersih, belum tercemar dengan sampah ataupun limbah-limbah lainnya. Jadi dasar laut di pantai sekitar karimunjawa masih bisa telihat jelas. Wuuh.. spontan gue kagum ditambah bengong melihat rumput laut yang melambai-lambai di terpa ombak. 

      Tiba-tiba seseorang berseragam menghampiri kami sekeluarga. Sudah tentu kami bisa menebaknya, agen travel kami !. Langsung saja gue sekeluarga di bawa ke penginapan. Ke hotel ? Eits... alih-alih ke hotel, dikarimunjawa, gue aja kesulitan nemuin rumah yang bagus. Seperti yang sudah gue bilang diawal tadi, Karimunjawa masih dikelola oleh masyarakat di desa setempat. Jadi sebenarnya sebelum Karimunjawa diresmikan jadi tempat wisata sudah ada orang-orang asli sana yang menempati. Semuanya dikelola secara alami dan tradisional. Di belakang desa dekat laut sini saja masih berupa hutan lebat yang tak berpenghuni.

       Di karimunjwa gue sekeluarga dibawa ke rumah penginapan milik warga setempat. Yah, seperti kamar biasa, bukan hotel. Tentunya ini tergantung paket yang kita pesan. Kalo gue sih cuma pesen paket biasa yang dua hari semalam. Jadi kalo memang berminat untuk mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang lebih baik mungkin anda bisa memesan paket travel yang lebih mahal tentunya. Mungkin anda akan dibawa menginap di resort deket pantai sana ( uuh, pengen dah nginep disana :) ). 

       Wisata pun dimulai langsung setelah istirahat siang. Diawali dengan acara unggulan Karimunjawa yaitu...., Snorkling !!!. Snorkle itu sebenarnya adalah pipa yang digunakan penyelan untuk mengambil nafas. Jadi sonorkling adalah aktivitas menyelam dengan menggunakan pipa snorkle sambil melihat keindahan pemandangan dasar laut. Pipa snorkle tidak boleh terendam air laut, pipa harus tetap menyembul kepermukaan agar tetap bisa bernafas. Jadi kita hanya menyelam dekat dengan permukaan.

       Mata gue langsung terbelalak saat melihat gimana bentuk aslinya karang laut itu. Wahh.. yang belum pernah pasti penasaran kan !. Gue juga bisa berenang diantara ikan-ikan kecil ( bukan besar kayak hiu, woow :O ).

       Hahaha, singkat cerita acara snorkling selesai, waktunya menunggu sunset !. Gue menunggu sunset bukan di pulau karimunjawa karena sebenarnya karimunjawa itu kepulauan. Begitu juga saat snorkling tadi, bukan dipulau karimunjawa melainkan dipulau lain yang ada di dekatnya. Ada banyak pulau-pulau kecil di kepulauan karimunjawa dan gue lupa semua nama-namanya :) .

       Setelah sunset berlalu kami pulang menuju pulau utama lagi, menggunakan perahu tentunya. Di tengah desa, saat perjalanan menuju rumah penginapan, gue lihat semacam lapangan yang dipenuhi pedagang. Wuuw, jadi kayak pasar malem. Gue langsung bayangin gimana nikmatnya makan jagung bakar sambil lihat pantai ditambah sepoi-sepoi angin pantai malam. Hahaha, tapi namanya capek perjalanan ditambah snorkling, sesampainya di penginapan dan setelah sholat gue langsung tepar kecapekan ( tidur maksudnya).

       Esok harinya acaranya ga kalah seru, yaitu nungguin sunrise di resort. Ha ? cuma 
gitu ?. Jangan komen dulu kalo belum lihat langsung !. Gue aja baru sadar kalo sunrise itu keren banget. Apalagi suasana pantai di resortnya yang tenang, damai dan harmonis. Duduk-duduk di antara puluhan pohon kelapa tinggi yang tertata secara alami. Begitu juga gemericik air pantai yang menambah damai. Terasa kebesaran tuhan !.

       Setelah itu masih ada banyak acara yang bisa dilakukan di karimunjawa, seperti menyelam sambil memberi makan ikan, menyelam di kolam hiu, melihat kawasan penyu dan pokoknya banyak lah !. Gue aja yang kemarin waktunya pendek banget jadi belum bisa nyobain semuanya. :) .
       Akhrinya perjalanan kami diakhiri dengan mabuk laut lagi saat perjalanan pulang. Sungguh malang, :( tapi aku senang ! :). Makanya jangan lupa bawa antimo !

KUMPULAN FOTO KARIMUNJAWA
Photos by: Amateur Photopicker Thorieq Ali

Sebenarnya inti artikelnya Ya ini... -_- 
      
       
Rasanya Damai Banget
 
 
Menunggu Sunset Di kepulauan Karimunjawa



 Shubuh di Resort 

   
 Pohon kelapa juga keren


 Laut Karimunjawa adalah laut yang cukup tenang 

Siapa bilang pohon tidak bisa tumbuh diatas batu

Resort yang terlalu tenang

Kapal-kapal ini siap mengantarkan pengunjung ketempat-tempat indah

Saat sunrise tiba, Setengah matahari tertutup Awan

Ini Dia Sunrise

Terkadang laut sangatlah ribut

All photos by : Amateur Photopicker Thorieq Ali


Ya udah salam dulu ya ! Assalamualaikum.

One Response so far.

  1. Cantika says:

    wisata di >> karimunjawa memang joss.!!
    yuk tetap jaga kelestariannya dengan tidak memegang atau menginjak karang.
    biar tempatnya tetap oke, alamnya senantiasa indah alami. info harga paket karimunjawa juga masih terjangkau, apalagi untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan setelah menikah, cukup pilih paket honeymoon karimunjawa, cocok untuk 2 orang yang sedang berbulan madu dan untuk anda yang suka petualang, ada juga paket karimunjawa murah ala backpacker, enak to... dimana lagi ada yang semurah harga paket wisata karimunjawa disini.
    informasi selengkapnya paket tour karimunjawa bisa juga cek sumbernya disini >> harga paket karimunjawa

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

search elmuhim

Popular Post

Event News

  • Blog Archive

    Diberdayakan oleh Blogger.

    - Copyright © Thor notes - experience sharing, notes sharing. - Elmuhim nulis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -