Posted by : thorieq ali Selasa, 25 Juni 2013

     Pengalaman gue di kos-kosan..., eh bukan kos-kosan ding, tapi di asrama pondok pesantren emang  bener-bener ngajarin gue cara survive di alam. (waduh kok malah kayak di hutan gitu..?). Iya beneran kok !, coba pikirin, pernah kebayang ga loe bangun malem-malem kelaperan , trus pas udah keluar kamar cuma ngeliat kamar yang lain. Trus kalo ngeliat kearah yang lainnya yang ada cuma dinding pagar yang tingginya masyaallah ( padahal cuma dua meter lebih, lebihnya 1 meter). Udah kantin pesantren bukanya cuma pagi ama siang, keluar asrama cari makan dilarang, lebih-lebih pas itu penjaga gerbangnya galak. Soal naik dinding keluar asrama.., wah jangan deh. Ya udah, tutup pintu kamar dari dalem,celingak-celinguk ngeliat temen loe yang lain tidur dengan lelap, eh tiba-tiba ngeces ( muncul hawa kanibal....,ngawur ! ) Akhirnya  tidur lagi deh sambil nahan laper.
     Dari situ gue mualai mencari siasat dan.... wah, ketemu deh yang namanya kompor kaleng bekas.(denger dari temen). Nah gue pingin ngasih tau ke loe-loe pada juga nih cara membuat kompor kaleng bekas biar ga senasib ma gue..
     Sebagai persiapan pertama loe kudu punya :
1.Kaleng bekas.
2.Kapas wajah (emang mau ngambil dari pohonnya langsung.?)
3.Spirtus. Bisa didapat di toko terdekat dengan harga 8000-9000 rupiah saja.
4.Gunting dsb. Pokoknya alat-alat buat motong-motong kaleng.
5.Korek api.

 AYO KITA MULAI...! yook..!


Langkah


kaleng bekas
1. Siapkan kaleng bekas. Usahakan agar kalengnya tidak terlalu tebal supaya mudah dipotong-potong. Usahakan juga agar kalengnya bukan yang terlalu lebar seperti kaleng coca-cola harga 5000-an (ini harga jawa, yang luar jawa jangan tersinngung). Ukuran yang kecil ini dimaksudkan untuk menghemat kapas nantinya.

potong pake gunting aja
   2.Potong kalengnya menjadi dua bagian. Setengah-setengah atau sesuai kebutuhan. Yang penting jangan terlalu tinggi hingga membutuhkan banyak kapas dan mempersulit perambatan spirtus ke ujung kapas saat pembakaran. 
   Untuk proses pemotongan kaleng, tidak perlu menggunakan alat-alat berat ( contohnya: laser ?, emang lu kira apaan !). Cukup menggunakan gunting. Tapi kalo memang sulit, jangan di paksain entar guntingnya rusak lagi (pengalaman :( ).

setengah-setengah
3. Setelah kalengnya dipotong menjadi dua seprti gambar di samping. Jangan lupa memotong penutup bagian atas kaleng. Caranya bermacam-macam kalo gue kemarin alatnya  palu dan pisau. Itu pisau gue pukulin ke penutupnya muter sampi bolong.


Penutup atas di potong


4. Satukan lagi dua bagian kaleng yang sudah terpotong. Potongan bagian bawah di masukkan kedalam potongan bagian atas. Dan jangan lupa di rapihkan ya gabungannya. Agar kalengnya tidak bocor. Jadinya kayak gini...!


beginilah sebelum di gabungkan lagi
Setelah Dua potngan kaleng bersatu kembali










masukkan kapas hingga memenuhi kaleng


5.Siapkan kapas dan masukkan secukupnya kedalam kaleng.
spirtus comal. gue beli di warung
pak harno
6. Tuangkan spirtus secukupnya. Kalo punya persediaan spirtus banyak bisa dituangin banyak juga kok. Lalu terakhir.... disulut pake korek..!






JADI DECH..!



GINI DOANK...?!

      Sebenernya masih ada satu langkah lagi yaitu membuat tempat panci atau wajannya . Tapi gue anggep loe dah bisa kreatip sendiri lah. Yang penting tetep kasih buat si kaleng celah lubang untuk mendapat  oksigen.
      Oh iya, kompor kayak ginian bisa bertahan lama loh..!. (yaa.. sebeernya tergantung spirtusnya). Tapi gue beneran kok, gue aja sering buat nasi goreng pake ginian di kamar. Kadang buat mie rebuas, kadang buat ngerebus air, terus kadang juga buat bikin roti bakar. Jadi nggak takut deh bangun malem-malem..!
     Untuk posting kali ini, sampai disini dulu ya...!. Semoga bermanfaat.!. Untuk tambahan, ngomong-ngomong loe tau ga cara matiin kompor kalengnya..?. Ada cara khusus lho.. Yang pertama, loe tutup seluruh lubang tempat api keluar (make sendok misalnya) biar ga dapet oksigen. Cara yang kedua, (kalo ga ada yang bisa buat nutup kecuali tangan) loe tiup, tapi harus dari atas kaleng pas. Soalnya kalo dari samping apinya malah tambah gede.
UDAHAN YA...! muah muah muah. ekk! (dicekek)

One Response so far.

  1. Raja Kue says:

    Terimakasih Artikel KOMPOR SPIRTUz - cara baru masak di kamar nya sangat bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Kue Putri Salju

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

search elmuhim

Popular Post

Event News

  • Blog Archive

    Diberdayakan oleh Blogger.

    - Copyright © Thor notes - experience sharing, notes sharing. - Elmuhim nulis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -