Posted by : thorieq ali Senin, 09 Juni 2014

ASSALAMUALAIKUUUM!!
Gila.. udah lama ngga posting ya aku. T_T
soalnya banyak kerjaan seeh. Tapi ngga papa, yang penting kali ini bisa ngepost lagee...

OK. Kali ini ada yang baru lho.



Nah, seperti yang gua katakan ada yang baru mulai dari posting kali ini. Yaitu label UBUNTU!. ^_^
Sebenernya gua ngga kepikiran sama sekali buat nulis tentang komputer, linux, ubuntu atau apalah itu. Tapi, karena kemarin baru aja gua iseng-iseng nyobain instal versi ubuntu terbaru (trusty tahr), jadi pengen bagi-bagi pengalaman nih buat yang baru newbie di LINUX. Inget lho! buat yang newbie doank! yang udah expert ga usah komen.!  hehehehe.

INSTALL MOZILLA FIREFOX MANUAL DI UBUNTU 14.10 (trusty tahr)

Ubuntu trusty tahr, versi terbaru Ubuntu, secara default memiliki firefox sebagai browser bawaannya. Awalnya, setelah diinstal gua enjoy aja makenya. tapi ternyata gua baru sadar kalo firefox di trusty tahr bukan firefox versi terbaru (29.). Makanya, gua berniat buat install firefox versi terbaru. Namun apa daya, ternyata Ubuntu Software Center belum menyediakan link untuk installnya. Mau apalagi, gua harus install manual.

Nah, buat kalian yang belum punya file installation firefox, bisa download disini!, asli dari website firefox. Ngga bervirus Insyaallah. (untuk linux ubuntu 32bit).

Ubuntu trusty tahr dengan versi ubuntu sebelumnya yang LTS punya beberapa perbedaan mendasar. Salah satunya ada pada direktori penyimpanan programnya. Ubuntu sebelumnya menyimpan file-file program defaultnya di direktori /opt. sedangkan Trusty Tahr menaruhnya di /usr/lib/. Bisa dicek klo ga percaya. Oleh karena itu, direktori yang akan kita ubah-ubah adalah /usr/lib bukan /opt, Ok??!

Langkah pertama untuk menginstall adalah.. buka program terminal!

2. masuk ke direktori dimana file firefox yang baru (setelah diekstrak) disimpan. Contohnya di direktori downloads.

you@youlaptop:~$ cd /home/you/Downloads/

3. hapus file-file firefox sebelumnya di direktori /usr/lib

you@youlaptop:~/Downloads$  rm -r /usr/lib/firefox

4. kemudian salin folder firefox baru ke dalam direktori /usr/lib dengan nama terserah kamu. perintah sudo akan meminta password user untuk autentikasi.

you@youlaptop:~/Downloads$ sudo mv firefox /usr/lib/firefoxbaru 

5. File-file firefox yang baru sudah dipindah, sekarang tinggal mengatur target link firefox. Namun sebelumnya, ada baiknya jika anda mem back-up data-data firefox sebelumnya dengan perintah:

you@youlaptop:~/Downloads$ sudo  mv /usr/bin/firefox   /usr/bin/firefoxtua

terakhir, kita hanya tinggal mengatur link firefox :

you@youlaptop:~/Downloads$ sudo ln-s /usr/lib/firefoxbaru/firefox  /usr/bin /firefox

6.Restart firefox. Selesai!

Nah, itu dia caranya... gampang kan? ( gampang apanya -__- ). Pokonya kalo mau bisa linux harus banyak-banyak belajar deh. Dan jangan pernah nyerah, itu aja intinya belajar linux. Coba linux makenya segampang windows ya.. wkwkwk, kayaknya semua orang Indonesia Bakal pake linux. Soalnya Linux itu 100% gratiss, ga dipungut apa-apa. 

Itu aja. Udah dulu ya..!
Salam GOS (Go Open Source)
Assalamualaikum....
https://download-installer.cdn.mozilla.net/pub/firefox/releases/29.0.1/linux-i686/id/firefox-29.0.1.tar.bz2



2 Responses so far.

  1. قنبلة الدبر

  2. terimakasih kunjungannya.. ^_^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

search elmuhim

Popular Post

Event News

  • Blog Archive

    Diberdayakan oleh Blogger.

    - Copyright © Thor notes - experience sharing, notes sharing. - Elmuhim nulis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -