Posted by : thorieq ali Rabu, 10 Juli 2013


                Kayaknya posting kali ini agak rumit deh.., jadi kalo lagi ga enak badan, eh.. kalo emang males baca ya silahkannnn…               

Terkadang di musim panas kita sering melihat pohon jati  yang mengersang dan menggugurkan hampir seluruh daunnya. Apakah ini berarti pohon jati kekeringan dan berpotensi mati.?. eis.. tunggu  dulu.!. Faktanya peristiwa ini adalah peristiwa alami yang di sengaja oleh jati demi menjaga keberlangsungan hidupnya. Kok bisa ?

                Iya. Pohon jati menggugurkan seluruh daunnya di musim panas. Proses ini dilakukan oleh pohon jati untuk mengurangi penguapan air dan agar air tetap tersimpan di dalam batang  pohon selama musim panas sehingga tidak terjadi kekeringan yang bisa menyebabkan pohon jati mati.

                Nah, uniknya, dari sini dapat kita lihat bahwa nyatanya terkadang bentuk dan sifat pohon mempunyai hubungan erat dengan cuaca dan kondisi sekitar. Fakta ini pun akhirnya dikembangkan oleh beberapa peneliti yang nantinya akan di sebut sebagai dendrochronologist. Ternyata sejarah iklim dan cuaca di suatu tempat  dapat dilihat melalui pohon di daerah tersebut.Mereka pun  mengembangkan sebuah cara unik penelitian cuaca melalu cincin pohon atau tree rings.

                Apa sih tree ring atau cincin pohon itu…? Sebelum kita lanjut ada dua hal yang harus kita ketahui sebelumnya. Dendrochronology dan Dendrochronologist
Dendrochonology adalah sebuah cara penanggalan dan studi tentang cincin-cincin tertentu di sebuah pohon (tree rings). Kata ini berakar dari beberapa kosakata yunani yaitu :
Ology = studi ; dendros  =  memakai pohon  ; dan chronos = waktu atau sejarah.
Yang kedua, Dendrochronologist secara gampang, yaitu peneliti sains yang menggunakan cincin pohon untuk menentukan sejarah iklim dan cuaca di tempat tertentu.
                Lalu apa tree rings itu ? . Tree rings dapat dimengertikan sebagai berikut.
TREE RINGS
kalo gambar diatas, tree ring-nya berwarna keputih-putihan. 

                Misalkan kita memotong  batang sebuah pohon jati secara horizontal, maka nantinya dapat kita lihat garis-garis kehitaman memutar di permukaan potongan batang dengan berbagai ukuran, mulai kecil hingga besar. Nah, garis-garis  itulah yang disebut tree ring atau cincin pohon.

Lalu apa yang bisa dicari dan disimpulkan dari tree rings ?
1.     1. Tree rings dapat memberitahu kita sejarah iklim yang terjadi di suatu tempat
2.      2. Tree ring dapat membantu untuk memahami proses lingkungan dan kondisi cuaca di tempat.
3     3. Tree dapat membantu kita memprediksi kemungkinan cuaca yang dapat terjadi di masa mendatang.


Lho kok bisa, gimana caranya ?. Sebelumnya wajib diketahui bahwa sebuah tree ring mengandung informasi  cuaca saat pembentukan tree ring itu sendiri. Padahal sebuah pohon akan membentuk sebuah cincin ( atau kadang disebut pita ) dalam satu tahun. Dengan kata lain berarti sebuah cincin pohon mewakili informasi  cuaca selama setahun. Sejarah iklim dimulai dari pengamatan cincin terdalam hingga terluar.

                Contoh simpelnya, pohon jati akan menggugurkan daun ketika musim panas. Jadi, pembentukan cincin pohon saat itu akan berlangsung lebih lambat hingga lebar cincin pohon pun tidak bertambah banyak. Beda halnya disaat musim hujan. Lebar cincin pohon akan bertambah banyak dan menebal. Maka kesimpulannya ketika cincin pohon tipis berarti saat pembetukannya lebih banyak cuaca panas yang terjadi. Tapi jika menebal maka saat pembetukannya (dalam setahun) curah hujan sangat tinggi.

                Pengamatan setiap cincin itupun nantinya bisa menjadi sebuah kronologi cuaca. Kemudian dari kronologi itu juga bisa di simpulkan banyak hal, seperti keperiodikan cuaca, dan prediksi cuaca di masa mendatang. Dan seterusnya… Pokoknya bisa dimanfaatkan buat banyak hal, lah….

                Nah berarti gampang dong baca tree rings ?. Tunggu dulu.. faktanya, ga semudah yang kita kira. Karena ternyata ada banyak hal yang harus diamati seperti variasi jumlah total lebar semua cincin, variasi lebar kayu tua, jarak antar cicin, dan sebagainya. Lalu ada juga banyak  masalah yang sering terjadi disaat pengamatan. Seperti  cincin pohon palsu yang ternyata bukan cincin pohon. Orang yang belum terlatih tidak bisa membedaka antara keduanya. Ada juga cincin pohon yang bercabang yang sulit untuk dibaca.

                Intinya ,ternyata didunia ini masih banyak hal-hal didekat kita yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk hal-hal bermanfaat. Banyak juga rahasia-rahasia dan misteri ilmu yang belum diketahui manusia, jadi jangan malas untuk terus belajar dan belajar…!

Keep the spirit , move on ,
study hard and explore your world !!! , your earth.

SALAM ELMUHIM…! Sampai sini dulu, oke.?
WASSALAMUALAIKUM.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

search elmuhim

Popular Post

Event News

  • Blog Archive

    Diberdayakan oleh Blogger.

    - Copyright © Thor notes - experience sharing, notes sharing. - Elmuhim nulis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -