Posted by : thorieq ali Kamis, 23 Agustus 2012



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

     Untuk artikel pertama saya di blog aneh ini, saya ingin mengulas sedikit hal tentang jackfruit alias nangka. Selain karena buah kuning manis ini memang buah favorit saya, buah ini adalah buah pertama yang terlintas di pikiran sejenak setelah blog ini di buat. hehehehe, jadi pengen nulis soal nangka deh.

     Oke deh, langsung aja. Artikel ini bukan soal khasiat nangka, juga bukan tentang cara menanam pohon nangka, apalagi tentang masak nangka ( saya saja nggak bisa masak ). Hanya tentang sedikit trik buat para pecinta nangka yang ingin memetik buah nangka hasil tanam sendiri. Apa itu....?, tidak lain dan tidak bukan ya tentang cara mengetahui buah nangka sudah matang apa belum. nggak sulit kok ! ini dia ciri-ciri buah nangka sudah matang atau belum. 
     

  1. Jika dilihat dengan cermat, maka akan nampak daun-daun yang setangkai dengan buah nangka yang sudah matang akan berwarna kuning. Cara ini cocok untuk di terapkan jika ingin mengetahui matang atau belumnya nangka dari jauh (yang pasti pohon nangkanya masih terlihat).
  2. Buah nangka yang sudah matang biasanya berwarna kekuningan atau hijau kecoklatan.
  3. Lalu, jika dilihat dari dekat, ujung duri-duri di permukaan kulit nangka yang matang tumbuh berjauhan dan mendatar. Wah cara ini sepertinya kurang mudah di pahami ya...:)
  4. Terakhir, buah nangka yang matang akan mengeluarkan bunyi kosong (seperti perut yang masuk angin) ketika di pukul. Kurang lebihnya tahu sendiri lah.
    Biasanya buah nangka yang memiliki dua atau tiga ciri-ciri diatas sudah bisa dibilang matang kok (pengalaman nieh). Jadi nggak harus semua ciri-cirinya ada. Oh iya, ada lagi, buah nangka biasanya akan matang di pohon setelah 3-8 bulan setelah berbunga. Jadi... selalu cek ya!

    Udah dulu yaa.. gini aja. Tunggu artikel saya yang selanjutnya ! (nggak tentang nangka lagi deh..) 

10 Responses so far.

  1. rina says:

    thx infonya..jadi "paham" ciri ciri matang buah nangka..krn pohon nangka depan rumah lagi berbuah lebat u/ pertama kalinya:)

  2. sipp deh, makasih kunjungannya yaa...senang bisa membantu ^_^

  3. 3-8 bln jauh banget Gan jaraknya :(

  4. Nice info Gan... Ni depan rumah ada pohon nangka yg sedang berbuah... Gedhe2 :) mulai kecokelatan buah dan daun tangkainya

  5. Unknown says:

    Infonya mantap gan, mau panen hasil tanam sendiri nih hhaa

  6. Unknown says:

    Jika tidak ad daun yg setangkai dengan nangka gmn sob?

  7. Unknown says:

    Makasih saya soalnya mau nyuri nangka makasih infonya

  8. Terima kaseh, insyaAllah saya amalkan

  9. Unknown says:

    Rata atau secara umum brapa bulan sejak kluar bunga nangka bida penen

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

search elmuhim

Popular Post

Event News

  • Blog Archive

    Diberdayakan oleh Blogger.

    - Copyright © Thor notes - experience sharing, notes sharing. - Elmuhim nulis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -